6 Fakta Keliru Hidung Meler (Pilek) - Properti Abah

6 Fakta Keliru Hidung Meler (Pilek)




hidung,,
hidung,,
hidung,,
hidungku meler..
the end
(by Ahmed, 2012)


Sebuah panca indera yang kalau beruntung (mancung), pastinya berada dalam posisi terdepan bagi manusia..
fungsinya pun tergolong urgent bagi setiap manusia,, indera penciuman,, tempat aliran pernafasan,, maupun tempat saringan udara luar,,
fungsi ini akan terganggu ketika kita terkena penyakit flu, yang biasa kita ejek dengan kata "pilek"..
kalau pertama kali yang merasakan flu, pasti merasa sesuatu yang aneh (inget2 coba saat pertama kali kena flu :D), kok tiba2 hidung kita mengeluarkan cairan yang terkadang keluar dengan sendirinya,,
kalau di rasa-rasa ya agak jijik campur lucu gituu,, (hehehehe ^^v)

ternyata setelah dicari-cari mengenai fakta pilek itu sendiri, banyak terjadi salah persepsi  di masyarakat..
sekarang aku beberkan beberapa fakta yang misperception itu ya:


1. Pilek Tidak Menular
Kebanyakan orang berpikir karena bersentuhan dengan orang sakit akan membuat mereka terserang flu dan pilek. Penelitian tahun 2011 oleh Pusat Common Cold Universitas Cardiff menemukan bahwa ketika orang sehat dimasukkan ke dalam sebuah ruangan yang penuh akan penderita flu dan pilek, si sakit sulit untuk menyebarkan infeksi dari satu orang ke orang lain. "Pilek sangat tidak menular, dan pilek sebagian besar menular dari kontak berkepanjangan dan dekat," kata Dr .Ron Eccles, BSc, PhD, DSC, Direktur Common Cold Centre di Universitas Cardiff di Inggris.


2. Rata-rata manusia terjangkit pilek 200x seumur hidup 
Dengan perkiraan usia mencapai 75 tahun, Anda mungkin terjangkit penyakit pilek sebanyak 200 kali. Dengan rata rata pertahun terserang dua kali. Sementara anak-anak biasanya mendapatkan antara empat dan delapan kali pilek per tahun. Strategi menghadapinya tentunya dengan olahraga yang teratur (mengingatkan diri sendiri,, B-)



3. Proses pilek butuh 48 jam
Para ahli mengatakan virus pilek membutuhkan waktu sekitar dua hari untuk menanamkan ke dalam lapisan sel-sel dan menghasilkan gejala. Artinya kalau kena pilek, pikirkan kembali 2 hari yang lalu ngapain aja hayo! (gw ngapain yak? :-?)

4. Jus jeruk tak menyembuhkan pilek
Lebih dari 30 studi yang dilakukan oleh para peneliti di Australian National University dan University of Helsinki mengatakan bahwa untuk sebagian besar orang, vitamin C tidak mencegah atau menyembuhkan gejala flu.


5. Pilek bikin orang gendut
Peneliti di Rady Children's Hospital di San Diego menemukan anak-anak yang telah terinfeksi oleh 36 adenovirus, virus flu biasa yang menyebabkan gejala pilek kadang-kadang juga terkena masalah pencernaan. Berat badan mereka 50 pon lebih berat dari anak-anak yang belum terinfeksi virus ini. Namun virus ini bukan penyebab utama masalah berat badan . (waduh aku klo tambah gendut gimana? :)) hahaha :D )

6. Bisa saja akibat sinusitis, bukan pilek "biasa"
Penyakit pilek sering kali dianggap sebagai penyakit ringan bagi penderitanya. Meski sering kali mengganggu aktivitas sehari-hari, orang sering abai akan penyakit ini. Banyak mitos mengatakan bahwa pilek hanyalah penyakit ringan biasa yang disebabkan oleh es, udara dingin, atau perubahan cuaca mendadak.
Anggapan tersebut bisa benar, bisa juga tidak.  Fakta menunjukkan, banyak pilek yang disebabkan oleh sinusitis. Sinusitis sendiri adalah peradangan yang terjadi pada rongga sinus. Penyebabnya adalah infeksi virus atau bakteri. Gejala paling umum adalah sakit kepala, nyeri di daerah wajah, serta demam. Gejala lain adalah wajah pucat, perubahan warna ingus dan sebagian penderita merasakan sakit kepala bertambah hebat ketika kepala ditundukkan ke depan. (semoga saja pilek ini bukan hal itu,, aminnn 0-)


Sumber: 


semoga fakta yang sering keliru ini bisa bermanfaat dan dapat diwaspadai oleh kita semua...
bagi yang pilek, semoga segera sembuh ya,, amin

No comments: