Perangkat Lunak Pengecek Bahasa Indonesia untuk Microsoft Word - Properti Abah

Perangkat Lunak Pengecek Bahasa Indonesia untuk Microsoft Word

Bismillahirrahmanirrahim,,

Workshop Bahasa Indonesia yang diajarkan oleh Bapak Sry Satriya Tjatur Wisnu Sasangka dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan impian kepada saya, para peneliti dan teman-teman magangnya lainnya untuk menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Bapak Tjatur memberikan poin pemersatu bangsa ini dengan bahasa ibu pertiwi itu. Inilah yang menjadi latar belakang saya untuk membagi perangkat lunak yang penting bagi para penulis pengguna Microsoft Office.

Langsung saja ya, nama perangkat lunaknya adalah IndoDic Spell Check, dibuat oleh seorang kaskuser bernama Murcha. Langkah-langkahnya saya ambil dari thread yang dibuat olehnya dengan penambahan dan modifikasi sedikit sebagai berikut.


+ BAGAIMANA CARA MENGECEK TULISAN YANG SALAH DALAM MENGETIK [OFFICE 2003]
silahkan unduh disini --> IndoDic
Cara Pemasangannya:
1. Salin berkas Word List yang telah diunduh- salin berkas IndoWordList.dic(Ctrl + C)
2. Tempel berkas Word list - Bua My Computer/Local Disc C/Documents & Settings/User Name/Application Data/Microsoft/Proof -tempel berkas IndoWordList.dic pada map Proof (Ctrl + V)
3. Aktifkan berkas IndoWordList - Buka berkas apapun berformat Microsoft Worddan aktifkan IndoWordList.dic dengan memilih Tools/Options/Spelling & Grammar/Custom Dictionaries,lalu periksa kotaknya IndoWordList.dic
4. Percobaan - ketikkan frase "bicara banyakk" dan lalukan pengecekan terhadapnya (arahkan ke teks,  lalu tekan F7 - atau gunakan Tools/Spelling& Grammar) - Bila alat pengecekan berjalan dengan baik maka seharusnya dirubah menjadi banyak.

+ BAGAIMANA CARA MENGECEK TULISAN YANG SALAH DALAM MENGETIK [OFFICE 2007, 2010, 2012]
1. Buka hasil download The IndoDic
2. Bagi Pengguna XP Ubah nama indowordlist  menjadi COSTUM.DIC lalu save as di C:\Documents and Settings\?????\Application Data\Microsoft\UProof
3. Bagi pengguna Windows 7 silahkan buka C:\Users\?????\AppData\Roaming\Microsoft\UProof
4. Buka office 2010 anda lalu cobalah mengetik beberapa kata dengan berpura2 salah mengetik.

Semoga bermanfaat untuk kalian para penulis dan semua pengguna aplikasi Microsoft Office. Apabila ada yang mau ditanyakan, bisa langsung meninggalkan komentar di bawah ini.




No comments: