LPDP, tuk Indonesia yang lebih maju!

by - 12:35 AM

beasiswalpdp.org
beasiswalpdp.org

Sempat tertahan oleh pesawat delay selama hampir 3 jam di Surabaya, membuat kami harus tiba di Graha Insan Cita, Depok di mana lokasi penggayaan calon penerima beasiswa LPDP gelombang dua bertempat, tepat sekitar jam 2 pagi. Setibanya kami langsung menuju kamar tidur dengan seorang rekan baru berasal dari Cirebon.
Agenda hari ini dimulai dari persiapan keberangkatan peserta menuju Gedung Kemendikbud untuk acara pembukaan hingga penyampaian dua materi pertama penggayaan LPDP. Pembukaan Pengayaan Program Kepemimpinan selama 10 hari ini dibuka oleh Direktur Utama LPDP Pak Eko (@kang_wahid) dan Sektetaris Jenderal Kemendikbud yang sekaligus menjabat sebagai Dewan Pengawas LPDP  Pak A'inun Na'im.
Selanjutnya disampaikan tentang Apa itu LPDP, Mengapa LPDP diperlukan dan Bagaimana LPDP ini berjalan. Materi ini disampaikan langsung oleh Pak Eko, Pak Madun, Pak Shofwan dan Pak Kahar yang merupakan direksi dari LPDP. Beberapa poin penting didapatkan dari penjelasan materi pertama ini, salah satunya adalah bagaimana tertinggalnya negara Indonesia ini dalam hal memberikan fasilitas dana riset dibanding negara maju lainnya, sehingga hal ini menjadi salah satu latar belakang perlunya LPDP dibentuk. Menurut data terakhir (World Bank Statistics 2013) Indonesia hanya memiliki anggaran riset Indonesia sekitar 0.08 persen dari GDP, berbeda jauh dengan negara maju lainnya yang rata-rata sekitar 3%

You May Also Like

0 comments